Rabu, 12 Jun 2024
  • Mendidik dengan hati, InsyaAllah berkah.

Kegiatan “Outbond” SD IT Al-Muhajirin Dotamana – Grand BSI

Kegiatan “Outbond” SD IT Al-Muhajirin Dotamana – Grand BSI. Hari terlihat keceriaan diwajah anak-anak kami. Di pagi yang cerah dengan penuh semangat dan senyum mereka bersiap-siap untuk melalukan perjalanan menuju Lokasi Outbond berada di daerah Barelang. Pihak sekolah juga mengundang dan mengajar orang tua murid untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mental, pengembangan tim serta pengembangan kepemimpinan anak-anak. Sedangkan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari permainan ini adalah sebagai berikut.

  1. Mempertebal rasa kepercayaan diri
  2. Menumbuhkan rasa keberanian mengambil resiko
  3. Meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan
  4. Membangkitkan kepekaan dan saling pengertian antar kelompok
  5. Menumbuhkan motivasi dan berperan aktif

Anak-anak kami sedang di dalam Bus menuju lokasi Outbond di daerah Barelang. Ada banyak pertanyaan yang mereka ajukan selama perjalanan.

 

 

Kami para guru menjawab pertanyaan-pertanyaan polos mereka dengan sedikit gurauan.

 

 

Setiba di lokasi, kami langsung disambut oleh pihak penyelenggara Outbond. Mereka membimbing kami menuju lokasi untuk permainan pertama. Sebelum mulai permainan ada beberapa arahan yang disampaikan baik dari pihak penyelenggara maupun dari pihak komite sekolah kami.

Permainan memindahkan karet dengan sedotan. Permainan ini bertujuan untuk melatih kerja sama. Anak-anak akan berlomba mengumpulkan karet sebanyak-banyaknya agar tim mereka bisa menang.

 

 

Permainan menggelindingkan kelereng dengan kayu. Permainan ini melatih ketelitian dan kecepatan anak-anak. Mereka akan berkonsentrasi penuh agar kelereng tidak jatuh.

 

 

Permainan berikutnya kami menuju lokasi kolam. Saya sebut saja permainan ini namanya “Menitih jembatan gantung” Ini adalah permainan melatih keberanian anak-anak. Ada banyak peristiwa lucu yang terjadi selama kegiatan yang satu ini berlangsung.

 

 
  • Ada yang sangat pemberani, sehingga dia ingin melewati jembatan itu berkali-kali
  • Ada anak yang takut melewati jembatan tersebut
  • Bahkan ada anak yang sudah sampai di tengah jembatan dan akhirnya memilih mundur karena takut.

Namun hal tersebut masih bisa dimaklumi, kan mereka masih anak-anak, bahkan mungkin ini baru pengalaman pertama mereka bersentuhan langsung dengan Alam.

 

 

Permainan yang terakhir, permainan yang ditunggu-tunggu sebagian anak namun juga tidak dinginkan oleh sebagian anak yang lain. “Flying Fox” ada sebagian anak-anak takut dengan ketinggian dan memutuskan tidak mau mengikuti permainan ini. Nah, disinilah fungsi guru dan orangtua membujuk anak-anak tersebut untuk berani mencoba. Dengan beberapa trik yang memotivasi mereka akhirnya anak-anak tersebut mau mencoba terbang dengan Flying Fox.

 

 

Keberanian mereka memang patut diacungi jempol, saya hanya bisa tersenyum melihat tawa yang mereka lemparkan dari ketinggian.

 

 

Sebenarnya masih ada beberapa permainan dan kegiatan lainnya yang tidak saya sebutkan secara jelas disini seperti :

  • Melihat lokasi peternakan sekitar outbond.
  • Melihat lokasi perkebunan dan pertanian sekitar outbond.
  • Serta, melihat beberapa hewan yang ada dilokasi.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR