Rabu, 12 Jun 2024
  • Mendidik dengan hati, InsyaAllah berkah.

Program Literasi SDIT Al Muhajirin Dotamana

Literasi bukan menjadi hal yang baru lagi di sekitar kita. Dilansir melalui pmpk.kemdikbud.go.id, literasi bukan sekadar membaca dan menulis. Tetapi literasi memiliki makna yang luas yaitu mencakup kemahiran berpikir melalui atau menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Penjabaran literasi ada berbagai macam, salah satunya yaitu, literasi dini, literasi dasar, literasi media, literasi teknologi dan lainnya.

Tingkat literasi di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh PISA (Programme for International Student Assessment) pada tahun 2019, bahwa Indonesia masih menempati posisi 10 terbawah dari 70 negara secara keseluruhan. Dalam meningkatkan literasi, salah satu sasaran yang pertama ialah dunia pendidikan. Contoh penerapan sederhana di sekolah dari literasi yaitu dengan membaca buku sebelum pelajaran dimulai. Bukan hanya membaca buku, tetapi peserta didik dapat menceritakan kembali apa yang telah dibaca.

Sekolah SDIT Al Muhajirin Dotamana memiliki program literasi. Program tersebut adalah menerbitkan majalah Alimah. Majalah Alimah merupaka majalah dwibulan (terbit dua bulan sekali). Para guru SDIT AMD juga bergabung sebagai tim redaksi majalah Alimah. Nama Alimah sendiri tergagas dari salah satu peserta didik. Akhirnya nama tersebut terpilih, setelah melalui proses yang panjang, dalam sayembara pemilihan nama majalah.

Selain itu terdapat pondok baca, yang digunakan peserta didik untuk membaca buku maupun berdiskusi. Terdapat buku cerita, buku aktivitas, dan buku lainnya yang berguna mengasah berpikir peserta didik. Buku-buku tersebut telah fisilitasi oleh sekolah.

Program selanjutnya adalah ketika lulus dari sekolah dasar, peserta didik kelas VI menerbitkan sebuah buku. Penerbitan buku berupa kumpulan cerpen dan puisi. Cerpen dan puisi tersebut merupakan hasil karya sendiri.

Litreasi sebaiknya dibiasakan sejak dini, sehingga mereka akan terbiasa dengan hal-hal yang berkaitan dengan menulis, membaca dll. Dengan berkembangnya literasi, diharapkan memunculkan gagasan atau ide kreatif untuk menciptakan sebuah inovasi yang membantu kedepannya.

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR